FAQ Khitan Dewasa

faq111

1. Khitan di usia dewasa

Tanya :

Dok, saya pria 20 tahun dan belum dikhitan. Berat 65 kg, tinggi 169 cm. Saya berniat untuk sunat atau khitan  tapi saya ragu dan bingung, Ada yang mengatakan bahwa anestesi yang dilakukan sebelum sunat disuntikkan di kepala penis, apakah hal itu menyakitkan? Konon sunat dengan metode laser lebih cepat sembuh daripada metode konvensional dan tanpa  memerlukan jahitan? Doni, Bandung

Jawab :

Khitan yang dilakukan saat usia sudah dewasa, secara teknis tidak berbeda dengan khitan pada anak-anak. Tentang teknik yang akan digunakan, saat ini memang banyak pilihan. Ada cara konvensional yaitu pemotongan kulit kulup (preputium penis) dengan pisau bedah atau dengan gunting, dengan metode Flashcutter atau bisa dengan sarana laser dan dengan metode klamp.

Dari tiga cara tersebut, tindakan penyuntikan obat kebal (anaestesi lokal) sama-sama dilakukan sebelum proses pemotongan kulit  kulup penis. Suntikan kebal yang utama dilakukan di daerah pangkal penis, suntikan tambahan bisa dilakukan di beberapa tempat di kulit penis, tetapi tidak di kepala penis. Setelah dipastikan efek obat kebal  berfungsi secara efektif, baru kemudian pemotongan kulit kulup penis dilakukan.

Pemotongan bisa dilakukan dengan pisau bedah pada cara konvensional, atau bisa dengan Flashcutter, bisa juga dengan sarana laser. Pemotongan dengan Flashcutter atau laser hampir sama, hasilnya setelah dipotong akan sangat minim ada perdarahan. Namun, tindakan untuk menjahit luka bekas irisan tetap dilakukan agar penyembuhan terjadi sempurna.

Khitan dengan cara konvensional, walaupun setelah pemotongan kulit akan tampak ada darah yang mengalir tetapi tidak masalah. Tindakan untuk mengikat satu demi satu dari saluran darah yang terpotong membutuhkan waktu relative lama dan membutuhkan pengalaman khusus.

Proses penyembuhan pasca khitan rata-rata hampir sama, tergantung usia, ketebalan kulit penis, kondisi kesehatan pasien, perawatan luka dan adanya tidaknya infeksi penyertaan setelah khitan. Menurut pengalaman kami makin muda usia proses penyembuhan biasanya relatif lebih cepat, sedangkan pada usia dewasa atau ukuran penis yang cukup besar preses penyembuhan lebih lambat dikarenakan adanya proses ereksi yang menyebabkan kulit bekas potongan walaupun sudah dilakukan penjahitan sering tertarik sehingga kulit yang sudah menyatu terkadang dapat terbuka kembali dan ini menjadikan proses penyembuhan menjadi lambat.

Pada orang dewasa masalah sakit bukan terjadi pada proses berlangsungnya proses khitan tetapi justru biasanya timbul pada saat orang dewasa tersebut mengalami ereksi, namun jangan khawatir untuk mengatasi masalah ini biasaya dokter yang melakukan tindakan khitan selalu membekali pasiennya dengan obat analgetik (penahan nyeri) sehingga masalah nyeri ini tidak lagi jadi hal yang penuh dikhawatirkan.

2. Ada beberapa macamkah gaya khitan untuk dewasa dalam bahasa inggris?

  • Low and Tight

Batas khitan hanya sampai di belakang corona glands. Warna kulit bagian kulit luar dengan kulit dalam tidak ada perbedaan sama sekali karena hampir semua kulup dibuang. Bahkan pada saat tidak ereksi ada sedikit kulit atau tidak sama sekali kulit yang berkerut.

(“The circumcision line is right behind the glans corona. Different skin tinges are hardly or not visible at all as the inner foreskin has been almost completely removed. Even in a flaccid state there are only few or none skin crinkles. Neural ends at the inner side of the skin are being fully removed. A second circumcision mostly is impossible if the result is not not satisfying.”)

  • High and Tight

Batas khitan antara kulit dengan glands penis sekitar 10 mm.  Batas syaraf tetap pada sisi bagiaan dalam kulit dan dapat distimulasi secara bebas. Pada saat tidak ereksi ada sedikit atau tidak sama sekali kulit yang berkerut. Perbedaan warna kulit yang diluar dengan bagian dalam terlihat jelas.

(“There is a distance of 10mm between the circumcision line and the glans. A lot of neural ends remain on the inner side of the skin and can be stimulated freely by exposure. A second circumcision is possible if the result is not satisfying. There are only very few or no skin crinkles in a flaccid state.”)

  • Low and Losse

Garis sunat tepat di belakang penis. Kulit batang baik dapat menyentuh atau sepenuhnya menutupi glans.

  • High and Losse

Ada jarak minimal 10mm antara garis sunat dan kelenjar tetapi masih bisa menyentuh atau bahkan menutup kepala penis.

3. Metode apa yang cocok untuk dewasa?

Meskipun pada saat ini sudah ada metode khitan yang terbaru dgn menggunakan klamp, yg punya kelibihan proses pengerjaan lebih cepat dan tidak memerlukan penjahitan pada luka bekas potongan kulit kulup penis namun berdasarkan pengalaman kami tidak adanya jahitan yang dilakukan pada penis yang dikhitann ternyata menimbulkan masalah setelah klamp digunakan dilepas.

Hal ini dikarenakan pada saat klamp dilepas orang dewasa biasanya mengalami ereksi terutama pada pagi hari, luka dikulit penis pada proses khitan yang hanya dijepit dan jaringan nekrotik (jaringan kulit mati) yang timbul belum terlalu kuat sehingga akibat ereksi tersebut menyebabkan regangan yang sangat kuat dimana kulit mukosa (kulit penis bagian dalam) yang menempel pada glands penis (kepala penis) tertarik ke arah depan sedangkan kult penis bagian luarnya sering kali tertahan di belakang hal ini mengakibatkan adanya space atau ruang antara kulit bagian luar dengan kulit bagian dalam. Space ini lah yang menjadikan masalah lebih lamanya proses penyembuhan khitan pada orang dewasa dengan metode klamp.

Karena alasan inilah maka khitan pada orang dewasa sebaiknya menggunakan metode yang tetap menggunakan proses penjahitan. Jadi metode yang cocok untuk dewasa dengan menggunakan metode khitan konvensional atau Electric Cauter atau Laser.

4. Bagaimana proses penyembuhan khitan dewasa?

Secara prinsip khitan pada dewasa tidak berbeda dengan khitan anak-anak, baik pada proses anestesi maupun pada proses tindakan/metode yang digunakan, namun proses penyembuhannya relatif lebih lama hal ini dikarenakan pada orang dewasa ukuran lebih besar, kulit yang menutup glands penis lebih tebal, serta adanya proses ereksi pada orang dewasa yg menyebabkan ukuran penis pada saat istirahat sangat jauh berbeda pada saat ereksi. Namun tidak perlu khawatir setelah  khitan pun aktifitas kerja tetap dapat dilakukan seperti biasa.

5. Apa bedanya khitan konvensional dengan electric cauter?

Proses khitan konvensional pemotongan kulup penis biasanya menggunakan gunting atau pisau bedah, proses pemotongan ini menyebabkan jaringan kulit penis dan pembuluh darah yang ada di dalamnya terputus ini menyebabkan pendarahan. Pendarahan yang terjadi sebelum penjahitan harus dihentikan dengan cara di ikat atau ligasi dgn benang khusus. Proses untuk menghentikan pendarahan ini memerlukan waktu apalagi kalau yang dikhitan penakut/takut dengan darah menambah tingkat kesulitan lebih besar.

Sedangkan proses khitan dengan electric cauter / laser  pemotongan kulit kulup penis dengan menggunakan alat khusus di rancang dengan menggunakan kumparan panas. Adanya panas ini menyebabkan pada saat pemotongan kulit kulit penis pembuluh darah yang ada pada jaringan kulit penis yang terpotong mengalami pembekuan (koagulasi). jadi pendarahan sering kali tidak ada, walaupun ada sangat minimal. Setelah pemotongan kulit penis bisa langsung dijahit dan waktu yang diperlukan menyelesaikan proses khitan pun jauh lebih singkat.

6. Adakah  Revisi Khitan (khitan ulang) untuk dewasa?

Khitan Revisi / sunat ulang adalah sunat yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki hasil akhir dari khitan yang dilakukan sebelumnya.

Penilaian untuk tampilan akhir hasil khitan sangat individual, setiap daerah mempunyai persepsi yang berbeda tentang khitan. Ada yang mengangap khitan cukup dengan memotong sedikit kulit kulup walau masih agak tertutup. Ada juga yang beranggapan sunat itu sempurna kalau seluruh kepala/glans penis terbuka semua. Bahkan ada beberapa menginginkan hasil akhir khitan itu membentuk sesuatu.

Hasil penelitian di Indonesia pada umumnya, khitan sempurna itu kalau glans/kepala penisnya terbuka semua.

Beberapa alasan mengapa pria dewasa melakukan khitan revisi / sunat ulang seperti :

  • Kulit kulup masih menutupi sebagian kepala/glans penis.
  • Kulit kulup bagian bawah kepala penis masih panjang / kurang ambil.
  • Menghilangkan / membuang benda yang telah ditanam di kulit kulup penis.
  • Membuat khitan menjadi High and Tight
Khitan revisi / sunat ulang tidak harus dilakukan tetapi sesuai dengan keinginan / kebutuhan pasien, selain itu  khitan ulang / revisi harus melihat  kondisi penis yang ingin di revisi apakah bisa dilakukan atau tidak.

Pusat Khitan PKBM menyediakan pelayanan Khitan Revisi/Sunat Ulang.

Contoh Pasien yang akan melakukan revisi (Kulit kulup masih menutupi sebagaian kepala penis)

You can leave a response, or trackback from your own site.

401 Responses to “FAQ Khitan Dewasa”

  1. admin says:

    Dear Mr. Ruru,
    kalau khitan sendiri dengan terbukanya kepala penis dari kulup menyebabkan glans penis sering terkena sentuhan dan menyebabkan sensitifitas berkurang tapi ini bukan satu-satunya penyebab sensitifitas penis berkurang, ada beberapa kepala penis yang sangat sensitif jadi meskipun setelah dikhitan sensitifitas penis penis tidak berkurang. Untuk kondisi seperti ini mungkin sebaiknya anda konsultasi ke dokter bagian bedah urologi agar bisa ditarik kesimpulan apakah anda termasuk orang sensitif atau sunatnya yang harus direvisi.

    Terimakasih.

Leave a Reply